• Admin

Buat Rumah Mewah Anda Makin Elegan dengan 4 Jenis Kaca ini


Source: Unsplash


Jika Anda menginginkan rumah yang elegan, modern, dan terbuka untuk banyak sinar matahari, menggunakan kaca adalah pilihan yang paling tepat. Kaca juga bisa membuat ruangan terlihat lebih besar dan tidak terkesan sesak.

Sebelum mendesain ulang atau menentukan rumah impian Anda, ada baiknya jika Anda mengetahui tentang jenis-jenis kaca, beserta fungsi dan kelebihan yang dimiliki. Berikut ini adalah uraian mengenai empat jenis kaca yang bisa digunakan untuk desain rumah mewah Anda!

1. Kaca Tempered


Sering disebut dengan kaca keras, kaca tempered umumnya digunakan dalam konstruksi bangunan karena kekuatan juga daya tahannya terhadap goncangan dan panas. Kaca jenis ini dibuat dengan cara memproses kaca biasa dengan energi panas atau bahan kimia. Proses inilah yang membuat kaca tempered menjadi sangat kokoh.

Tak hanya membuatnya kokoh, proses perubahan partikel-partikel kaca oleh panas dan bahan kimia membuat kaca ini menjadi mudah dibentuk. Oleh karena itu, penggunaan dan fungsi kaca ini sangat luas. Kaca tempered sangat bagus untuk rumah mewah dan perkantoran.


2. Kaca Laminated


Selain kaca tempered, kaca laminated juga termasuk tipe kaca yang penggunaannya sangat efektif. Cara membuatnya adalah dengan menggabungkan dua lapis kaca biasa. Penggabungan yang sangat kuat ini menciptakan kaca yang kokoh, tebal, dan berdaya tahan tinggi. Karena kekokohannya, kaca ini sangat aman dan sulit untuk dipecahkan. Kaca laminated sangat ideal untuk lantai kaca, tangga kaca, atap kaca, langit-langit, hingga aquarium.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh kaca ini adalah karakternya yang ramah lingkungan. Karena sangat ampuh dalam mengurangi panas, banyak rumah dengan kaca laminated yang tidak terlalu bergantung pada penggunaan AC. Adapun keunggulan berikutnya yaitu kemampuannya untuk meredam suara dan tersedia dalam berbagai warna.


3. Kaca Patri


Source: Unsplash


Kelebihan kaca patri adalah warna-warnanya yang sangat mempesona dan menarik perhatian. Kaca ini banyak digunakan pada jendela gereja dan berbagai bangunan penting lainnya sejak Abad Pertengahan. Dahulu, pembuatan kaca patri membutuhkan tenaga dan biaya yang tak sedikit karena harus mengecat potongan kaca satu per satu.

Namun di masa sekarang, mendapatkan kaca patri sudah jauh lebih mudah. Opsi perdagangan yang meningkat, metode produksi yang lebih baik, dan faktor-faktor lainnya telah membuatnya menjadi lebih terjangkau. Maka dari itu, kini banyak rumah-rumah mewah modern yang juga menggunakan kaca patri.


4. Kaca Super Jernih


Seperti namanya, kaca super jernih berkarakter transparan dan sama sekali tak memiliki warna. Kaca super jernih mampu menyalurkan cahaya matahari hingga 92%, sehingga pemandangan yang dilihat melalui kaca ini sangat jelas. Untuk membuat kaca super jernih, dibutuhkan pasir silika yang sangat rendah kandungan besinya, beserta material-material lainnya.

Karena kejernihannya, kaca ini menjadi pilihan orang-orang yang menginginkan suasana rumah yang terang dengan estetika modern. Penggunaan kaca ini antara lain adalah untuk jendela kaca, pintu kaca, pelapis dinding, partisi, dan lain sebagainya.


Itulah empat jenis kaca yang biasa digunakan untuk rumah-rumah mewah. Apapun pilihan Anda, pastikan kaca yang Anda gunakan sesuai dengan struktur dan lokasi rumah Anda. Seperti kaca super jernih misalnya, baik digunakan untuk hunian dengan pemandangan bagus dan terletak di daerah bersuhu dingin karena kemampuannya menyerap panas. Nah, kira-kira kaca jenis apa yang paling cocok untuk rumah Anda?

33 views0 comments