• gerryaldimatio

5 Ide Desain Rumah New Normal

Updated: Sep 2, 2020

Konsep new normal itu artinya hidup berdampingan dengan virus Covid-19. Bukan berarti menyerah, namun menyesuaikan diri Anda dengan kondisi. Aktivitas sehari-hari boleh dijalani, tetapi Anda harus selalu siap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus.


Tapi… bukan hanya Anda saja yang perlu beradaptasi dengan kondisi new normal, namun rumah Anda juga. Ini karena akan ada perubahan dengan gaya hidup Anda, salah satunya yang paling besar yaitu lebih banyak tinggal di rumah saja.


Rumah bukan hanya menjadi tempat di mana Anda bersantai. Beraktivitas dan bekerja juga akan banyak dilakukan di rumah.


Tapi bagaimana caranya mendesain rumah yang cocok untuk new normal?


Di artikel ini, kami akan memberi 5 ide desain yang bisa Anda gunakan pada rumah baru atau saat renovasi rumah.



Area sanitasi


Menjaga kebersihan Anda dan keluarga harus menjadi prioritas. Ini bisa dilakukan dengan membuat area sanitasi di rumah Anda.


Anda bisa membuat satu ruangan sanitasi saat melewati pintu masuk yang fungsinya adalah untuk membersihkan diri dan barang Anda. Istilah untuk ruangan ini adalah mudroom dan harus dilengkapi dengan alat sanitasi.


Secara umum, gunakan sabun dan hand sanitiser untuk membersihkan bagian tubuh; sedangkan disinfektan, obat pembersih dan tisu pembersih antiseptik untuk membersihkan permukaan seperti meja dan gagang pintu.


Mungkin Anda pernah dengar ada rumah sakit yang menggunakan lampu UV sebagai disinfektan. Namun, jangan meniru ini dan memasang lampu UV di rumah Anda.



Sinar UV sangat berbahaya jika kena kulit manusia. Hanya menggunakan alat sanitasi di atas sudah cukup untuk prosedur pembersihan.


Anda juga boleh menambahkan lemari atau tempat penyimpanan khusus untuk pakaian. Ini fungsinya agar anggota keluarga bisa mengganti ke pakaian bersih saat ingin masuk rumah.

Selain itu, tempat penyimpanan seperti rak sepatu, rak, gantungan dan keranjang juga cocok untuk menampung barang Anda dan tamu.


Wastafel bisa dipasang di depan rumah, atau di dalam ruangan sanitasi untuk mencuci tangan sebelum masuk rumah.


Contoh desain mudroom sebagai inspirasi untuk Anda.



Ruang kerja khusus (Home office)


Area khusus untuk kerja sudah menjadi sebuah keharusan. Istilah work from home (WFH) pastinya sudah tidak asing lagi.


Bisa dilihat di sini bahwa ada peningkatan dalam penggunaan internet di Indonesia sejak diberlakukan WFH, terutama di rumah. Bahkan, perusahaan besar seperti Facebook dan Twitter juga akan menerapkan WFH secara permanen. Tidak heran jika tren ini akan terjadi di Indonesia juga.


Gunanya ruang kerja adalah sebagai tempat yang bebas dari gangguan agar Anda bisa fokus dan juga nyaman melakukan kerjaan kantor.


Video call juga sudah menjadi hal yang biasa. Akan sulit jika ruang kerja Anda berada di tempat terbuka.


Selain itu, ciri-ciri ruang kerja adalah:


1) Kedap suara


Konsentrasi Anda akan terganggu jika ada kebisingan di sekitar saat bekerja. Apalagi jika Anda sedang mengadakan rapat video call yang perlu komunikasi jelas. Anda juga bisa menggunakan headset dengan fitur peredam suara.


2) Profesional


Ruang kerja Anda di rumah sama seperti ruang kerja di kantor. Jadi, sebaiknya di tata supaya rapi dan profesional. Yang paling penting adalah meja dan latar belakang Anda.


Sebaiknya posisi duduk Anda langsung bersandaran pada dinding. Ini memastikan bahwa tidak ada gangguan jika anggota keluarga Anda perlu masuk ke ruangan.


Usahakan untuk menyingkirkan obyek yang mencolok dari latar belakang dan meja Anda, seperti dekorasi atau hiasan. Pastikan juga latar belakang dan meja Anda rapi, terutama bagian yang kelihatan oleh kamera. Ini supaya tidak mengganggu pandangan orang lain saat sedang video call.


Contoh latar belakang yang cocok adalah dinding polos, rak buku atau lemari.


3) Penerangan yang cukup


Pastikan ruang kerja Anda mendapat pencahayaan yang cukup terang supaya mata Anda tidak capek. Ini bisa dilakukan dengan bukaan kaca dan menggunakan lampu.


Pencahayaan yang bagus juga akan membantu saat Anda melakukan video call supaya orang lain bisa melihat Anda dengan jelas.


4) Luas yang sesuai kebutuhan


Pastikan ruang Anda cukup luas untuk kebutuhan dasar seperti meja, kursi, komputer dan printer. Jika pekerjaan Anda memerlukan perlengkapan yang besar, jangan lupa untuk menyesuaikan luas ruang kerja.


Lihatlah contoh ini untuk inspirasi ruang kerja.



Dapur yang lebih besar dan fungsional


Dengan kondisi yang penuh dengan ketidakpastian saat masa Covid-19, Anda tentu harus mempersiapkan segalanya untuk kesehatan dan keamanan keluarga. Persediaan kebutuhan esensial harus lebih banyak dari biasa, apalagi di masa sekarang yang banyak menghabiskan waktu di rumah.


Untuk mengadaptasi, ruang dapur (termasuk dapur bersih dan dapur kotor) harus bertambah besar. Ini karena Anda akan membeli barang keperluan dalam jumlah yang lebih banyak sewaktu belanja, supaya Anda tidak perlu sering-sering keluar. Harus ada ruang yang cukup untuk menyimpan semua barang tersebut.


Dapur Anda juga harus lebih fungsional, dengan cara memiliki alat dapur yang lengkap. Dengan banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah, Anda mungkin lebih sering memasak dari sebelumnya.


Selain itu, Anda juga bisa menggunakan finishing yang gampang dibersihkan. Dapur adalah area di mana Anda akan banyak aktivitas dan pastinya akan sering kotor.


Umumnya, gunakan bahan finishing dengan ciri-ciri ini supaya gampang dibersihkan:

  • Tahan gores

  • Tahan lembab

  • Tahan noda

  • Permukaan halus

  • Tahan disinfektan dan obat pembersih

Contohnya seperti:

  • Quartz atau granit untuk meja

  • Keramik, porselen atau vinyl finish untuk lantai

  • Stainless steel untuk alat dapur

  • Cat satin, semi gloss atau high gloss untuk kabinet dan dinding

  • Keramik, porselen atau kaca untuk backsplash


Ruang olahraga


Guna menghindari keramaian, sebaiknya Anda hindari tempat olahraga publik seperti gym. Karena itu, untuk tetap menjaga kesehatan Anda dan keluarga, ada bagusnya jika Anda membuat satu ruang khusus untuk olahraga.


Tren olahraga di rumah akan tambah populer di masa sekarang, mengingat bahwa olahraga di rumah itu risikonya lebih kecil dibanding olahraga di tempat umum. Namun, itu bukan berarti Anda harus berhenti olahraga sepenuhnya.


Dengan membuat ruang khusus olahraga, Anda bebas melakukan aktivitas tanpa hambatan. Optimalkan ruang olahraga Anda dengan tips berikut ini:


1) Pasang kaca di dinding

Mengelilingi ruangan Anda dengan kaca, atau hanya di sisi yang diperlukan. Ini akan membawa suasana gym ke ruangan Anda. Dengan begini, Anda bisa memastikan teknik Anda tidak salah sewaktu olahraga.

2) Luas yang cukup untuk olahraga pilihan Anda

Sesuaikan luas ruang dengan kebutuhan Anda, terutama jika perlu menggunakan alat yang besar dan ruang gerak yang banyak.

Pastikan Anda ada tempat penyimpanan untuk alat-alat Anda, supaya Anda bisa menggunakan ruang itu untuk olahraga yang berbeda.

Misalnya, jika anggota keluarga Anda memerlukan alat dan ruang gerak yang berbeda.

3) Peralatan olahraga

Tergantung dengan olahraga pilihan Anda, isilah dengan alat yang Anda perlukan. Contohnya seperti yoga mat, barbel, exercise bike dan treadmill.

4) Pasang peralatan audio dan TV

Banyak yang sudah beralih ke virtual workout atau mengikuti program olahraga online seperti lewat YouTube.

Menggunakan peralatan tersebut akan membuat olahraga seperti ini lebih gampang dan memberikan suasana yang cocok.


Contohnya ruangan seperti ini.



Tapi bukan hanya untuk olahraga saja...


Manfaat ruang olahraga seperti ini adalah fleksibilitasnya.


Ingin tempat yang tenang dan bebas dari gangguan?


Boleh, Anda bisa menggunakan ruangan ini sebagai ruang kerja kedua jika ada yang menggunakan ruang kerja utama.


Perlu tempat yang luas karena teman-teman Anda atau anak Anda datang bermain?


Kenapa tidak? Gunakan ruang ini untuk menghibur tamu. Pindahkan meja atau kursi ke dalam jika diperlukan.


Perlu tempat untuk menyimpan barang?


Buatlah tempat penyimpanan seperti lemari utilitas di ruang olahraga dan simpan di sana.


Ruang multifungsi seperti ini sangat cocok saat banyak menghabiskan waktu di rumah. Keperluan bisa saja tiba-tiba muncul dan Anda perlu beradaptasi.


Outdoor space


Kehadiran outdoor space bisa menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi Anda saat sudah terlalu banyak waktu di dalam rumah. Terkadang, hanya sekedar menghirup udara segar di luar sudah cukup untuk mencerahkan suasana hati Anda.


Karena itu, Anda boleh membuat ruang khusus sebagai tempat di mana Anda bisa relaksasi di luar.


Ada manfaat juga bagi Anda untuk berada di luar, antara lain:


Anda bisa menggunakan area ini untuk berjemur matahari dan refreshing jika sudah merasa bosan setelah terlalu lama di dalam rumah.


Tergantung penggunaan, outdoor space ini bisa dalam beberapa bentuk:

  • Lapangan olahraga (Basket, tenis)

  • Kolam renang

  • Teras

  • Balkoni

  • Rooftop

  • Taman

Ditambah manfaat di atas, mempunyai taman atau lapangan juga sangat bermanfaat bagi anak-anak Anda.



Tips desain mana yang bisa Anda gunakan untuk rumah Anda? Kami bisa membantu Anda membangun rumah yang cocok untuk new normal. Klik disini untuk konsultasi gratis dengan kami.


Kami harap Anda dan keluarga sehat selalu. Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker saat keluar, jaga kerbersihan dan terapkan physical distancing. Mari kita sama-sama menghentikan penyebaran virus ini.


Follow kami @wisesapersadaindo


Share post ini ke teman atau keluarga yang perlu ide desain untuk new normal.

94 views0 comments

Recent Posts

See All