• Wismoyo Efendy

Jangan Renovasi Rumah Sebelum Membaca 5 Tips Berikut Ini!

Updated: Jul 18, 2020

Rumah bukan hanya sekadar menjadi tempat berlindung dari panas dan hujan. Rumah juga merupakan tempat beristirahat dan berkumpul dengan orang-orang tersayang. Karena itu, memastikan rumah dalam kondisi baik dan nyaman merupakan hal krusial.


Salah satu cara untuk mempertahankan hunian tetap layak huni adalah dengan melakukan renovasi rumah. Renovasi rumah bukan hanya diperlukan untuk memperbarui bangunan yang Anda tinggali sekarang. Ketika membeli rumah bekas, melakukan perbaikan di sana-sini serta memberikan sentuhan baru akan membuatnya menjadi lebih layak untuk ditinggali.


Tapi perlu diketahui bahwa melakukan renovasi rumah juga harus memerhatikan beberapa poin penting. Simak 5 tipsnya berikut ini!



1. Cek Pipa dan Instalasi Listrik


Pipa saluran air dan saluran pembuangan merupakan bagian yang sangat penting. Kebocoran di pipa atau sumbatan pada keduanya dapat menimbulkan berbagai masalah.

Begitu juga dengan sambungan listrik.


Banyak orang yang lupa menentukan titik-titik sakelar dan colokan listrik saat merenovasi rumah. Padahal ini harus dilakukan sebelum pengecatan dan penataan perabotan agar tidak membingungkan.


Jangan lupa juga untuk memastikan semua lampu berfungsi baik dan tidak ada kabel yang telanjang untuk menghindari korslet yang membahayakan.


2. Cek Bagian Atap


Sebagai pelindung utama keseluruhan bangunan, atap juga harus dipastikan dalam kondisi baik ketika melakukan renovasi rumah. Tidak hanya memeriksa bagian-bagian yang bocor, Anda juga harus memastikan kerangkanya dalam kondisi kokoh. Ada dua jenis kerangka yang sering ditemui saat ini, yakni kerangka baja dan kerangka galvalum.


Dulunya, kerangka kayu banyak digunakan tapi karena ketahanannya yang kurang dan mudah lapuk termakan rayap, kerangka jenis ini sudah lama ditinggalkan. Jika rumah Anda masih menggunakan kerangka kayu, ada baiknya mengganti kerangka atap lama dengan galvalum atau baja yang berkualitas.


Galvalum merupakan jenis baja ringan yang banyak dipilih karena harganya cukup terjangkau dan pastinya – bebas rayap. Selain itu, waktu pemasangannya cepat. Pilihlah material sesuai dengan ukuran yang Anda butuhkan agar hasilnya maksimal.


3.Redesign Tata Letak Ruangan


Renovasi rumah adalah waktunya menemukan suasana baru. Anda bisa melakukannya dengan membongkar sebagian ruang atau menambah ruang baru. Bisa juga dengan menukar ruangan berdasarkan fungsinya.


Misalnya dengan menjadikan ruang makan sekarang sebagai ruang keluarga atau mengubah kamar tidur menjadi home office. Namun, sebelum Anda menentukan bagaimana penataannya, ada baiknya berkonsultasi pada designer interior untuk mendapatkan hasil terbaik.


4. Mengganti Cat


Mengecat ulang rumah baik bagian luar ataupun interior merupakan salah satu cara mudah memberikan sentuhan baru pada hunian Anda. Selain mudah, biayanya pun cenderung lebih murah sehingga dapat dijadikan opsi saat renovasi rumah.


Jika Anda ingin mendapatkan kesan modern dalam hunian, cobalah menerapkan warna-warna netral seperti warna kayu atau warna putih tulang dan krem. Jika ingin yang lebih cerah, warna-warna pastel seperti merah muda, hijau muda atau biru muda bisa menjadi pilihan yang menarik untuk mempercantik hunian Anda.


5. Mengganti Lantai


Mengganti lantai dengan menukar keramik yang ada dapat memberikan kesan fresh ke dalam ruangan rumah Anda. Jika ingin yang berbiaya lebih terjangkau, melapisi lantai dengan vinyl juga bisa jadi pilihan saat renovasi rumah.


Melakukan renovasi rumah tentu memerlukan beragam detail. Bukan hanya tentang rumah seperti apa yang Anda inginkan, tapi apa saja yang Anda perlukan untuk mewujudkannya. Agar proses renovasi berjalan lancar sesuai rencana, konsultasikan semua kebutuhan renovasi rumah Anda pada Wisesa. Wisesa siap membantu Anda memoles kembali hunian mulai dari bagian eksterior hingga interior.


Konsultasi gratis dengan kami disini.


Follow kami @wisesapersadaindo


Share post ini


106 views0 comments

Recent Posts

See All