• Wisesa Persada Indonesia

5 Tips Sederhana Untuk Menghemat Biaya Saat Renovasi Rumah

Updated: Jul 16, 2020

Apakah rumah Anda sudah ketinggalan jaman?


Seiring waktu berjalan, rumah Anda akan terasa sesak dan kusam. Ini biasa terjadi karena beberapa bagian memburuk kondisinya atau tidak dirawat dengan baik.


Namun, biaya yang besar bisa menjadi alasan Anda menghindari renovasi rumah. Masih banyak kebutuhan lain yang lebih mendesak untuk di urus. Anda pun terus menunda dan kondisi rumah tidak membaik.


Tapi, tahukah Anda bahwa ada cara sederhana untuk menghemat biaya saat merenovasi rumah? Pelajari 5 tips sederhana di bawah ini sebelum memulai renovasi.





1. Gunakan Jasa Kontraktor Profesional


Mungkin Anda berpikir, menggunakan jasa profesional bukannya lebih mahal? Kenapa tidak renovasi sendiri saja supaya lebih hemat?


Faktanya, manfaat untuk Anda jauh lebih besar; yaitu mengurangi kesalahan. Tentu saja kesalahan akan terjadi jika Anda mencoba renovasi tanpa ada pengalaman di bidang ini.


Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih besar jika harus membongkar perabot setelah proses finishing. Kontraktor yang sudah berpengalaman akan menghindari biaya tidak penting seperti ini.


Selain itu, Anda tidak perlu pusing memikirkan apa yang harus dikerjakan. Anda cukup santai di rumah dan biarkan kontraktor yang memberi solusi.


Pengetahuan dari kontraktor dapat membantu Anda mempersiapkan bahan material dan teknik pembangunan yang sesuai dengan anggaran Anda.


Selain itu, masih ada lagi keuntungan menggunakan kontraktor 7 Keuntungan Menggunakan Jasa Kontraktor Rumah Profesional


2. Teliti membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB)


Membuat RAB penting untuk mengetahui biaya apa yang benar-benar dibutuhkan dan apa yang bisa disingkirkan.


Namun, membuat RAB tidak mudah jika belum ada pengalaman. Anda disarankan menggunakan jasa kontraktor karena mereka dapat membantu menyiapkan RAB sesuai dengan anggaran Anda.


Anda harus memprioritaskan membeli bahan-bahan yang penting lebih dulu. Pastikan Anda tidak gampang tergoda dengan keinginan baru yang muncul sewaktu proses renovasi. Pilihlah material yang sesuai anggaran tapi juga berkualitas.


Fokus dan ikuti rencana yang ditentukan sebelumnya di RAB supaya tidak boros dan melampaui anggaran.


Memiliki rencana yang rinci juga akan memastikan Anda tahu biaya yang diperlukan dan mencegah tindakan penipuan dari kontraktor.

3. Dekorasi Simpel dan Konsep Minimalis


Kurangi desain dengan banyak profil dan pilihlah desain yang berkonsep minimalis.


Kurangi juga bukaan kaca di sekeliling rumah karena akan butuh lebih banyak energi untuk mendinginkan ruangan. Belum lagi tambahan biaya untuk membuat bukaan kaca tersebut.


Gunakan cat untuk dekorasi dinding daripada wallpaper atau panel kayu untuk menghemat biaya dan perawatannya akan lebih mudah di kemudian hari. Daripada membeli peralatan lagi, cat juga bisa digunakan pada peralatan tua seperti kabinet untuk memberikan tampilan yang baru dan segar.


Anda bisa memanfaatkan konsep open plan yang akan mengurangi dinding sekat karena ruangan seperti ruang tamu, ruang makan dan dapur bisa disatukan.


Konsep ini juga akan mendukung Anda untuk membuat ruang multifungsi, seperti kombinasi dapur dan ruang makan untuk menghemat biaya sekaligus memaksimalkan ukuran rumah yang terbatas.


Ingin membawa prinsip minimalis ke hunian Anda? Klik disini untuk membaca 7 Prinsip Desain Rumah Minimalis.

4. Jangan Mengganti Layout


Banyak yang tidak menyadari bahwa mengganti layout sebuah ruangan itu jauh lebih mahal. Mengapa begitu?


Saat anda mengganti layout dan memindah pintu, jendela atau dinding; biaya untuk membongkar dan memasang lagi peralatan tersebut akan lebih mahal.


Misalnya, jika Anda mengubah kamar tidur menjadi kamar mandi, Anda harus merubah saluran pipa yang sudah tersambung. Melakukan ini akan mengakibatkan biaya renovasi menjadi lebih besar.


Ingat, jika Anda membongkar perabot dan peralatan yang sudah tetap, akan diperlukan usaha yang lebih banyak dan akhirnya biaya renovasi juga akan membengkak.


Oleh karena itu, Anda akan menghemat jika menggunakan layout yang sudah ada dan memperbaikinya dari sana.


Tapi, kami mengerti bahwa hal tak terduga bisa terjadi, seperti hadirnya buah hati yang disayangi. Konsultasi dulu dengan desainer interior atau kontraktor Anda jika memang perlu mengganti layout untuk hasil optimal.

5. Hemat Membeli Perabotan


Belilah perabot rumah yang berkualitas namun tidak menguras isi dompet. Anda tidak perlu membeli perabot dengan desain unik atau banyak fitur karena harganya akan lebih mahal. Jangan ragu untuk memilih produk atau model lain yang lebih murah asalkan fungsi dasarnya sama.


Anda juga boleh pertimbangkan membeli perabotan hemat energi yang bermanfaat dalam jangka panjang. Contoh, membeli kulkas atau menggunakan lampu LED yang hemat energi akan menekan biaya operasional setiap harinya. Mungkin pilihan ini bisa lebih mahal di depan, namun biaya operasional bulanan Anda akan berkurang.


Jangan lupa untuk mengejar diskon. Anda bisa mencari langsung di toko perabot. Terkadang, mereka akan menjual barang dengan potongan harga, misalnya di saat diskon akhir tahun.


Anda juga bisa cek harga di toko online sebagai perbandingan. Ada kemungkinan bahwa membeli perabot yang sama online bisa lebih murah dibanding ke toko. Selain itu, Anda juga bisa melihat ulasan dari pembeli lain yang pernah membeli produk tersebut.


Apakah tips-tips diatas ini bisa diterapkan saat renovasi rumah Anda sendiri?


Dengan Wisesa, kami akan pastikan bahwa hal-hal menghemat biaya seperti ini tidak akan dilewatkan. Semua kebutuhan Anda akan di penuhi dengan biaya paling efisien.


Klik disini untuk konsultasi gratis dengan kami


Follow kami @wisesapersadaindo


Share post ini

143 views0 comments
  • Black Instagram Icon

©2018 by Wisesa Persada Indonesia.