• Wisesa Persada Indonesia

Kenali Perbedaan AC Split dan AC Central Ini


Ayosemarang.com



Air Conditioner (AC) sudah menjadi hal yang dibutuhkan oleh banyak orang. Terutama di Indonesia yang memiliki cuaca dengan iklim tropis. Kehadiran AC tentu membuat rasa gerah dan panas bisa berkurang dan aktivitas bisa berjalan dengan baik. Keberadaan AC pada rumah, kantor, maupun bangunan tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran tempat yang ada agar AC bisa berfungsi dengan optimal.

Berbicara tentang AC, ternyata AC tidak hanya ada satu jenis saja. AC memiliki tipe yang berbeda-beda. Penggunaan dan pemilihan AC yang tidak tepat membuat fungsi AC tidak maksimal. Tentu dalam memilih AC perlu memperhatikan beberapa hal seperti watt rumah atau kantor anda, besarnya ruangan, hingga peletakkan outdoor AC.

Nah, supaya Anda lebih memahami tentang AC split dan AC Central beserta kelebihan dan kekurangannya, mari simak informasi di bawah ini..


Sekilas Tentang AC

Air conditioner (AC) adalah mesin yang dibuat untuk menstabilkan suhu dan kelembaban udara pada suatu ruangan. AC bisa digunakan untuk mendinginkan, mengeringkan, atau menghangatkan sesuai dengan kebutuhan. Namun AC tentu lebih sering diketahui fungsinya sebagai pendingin ruangan karena memang ketika suhu panas, AC menjadi alat paling mudah dan ampuh untuk mendinginkan.

AC yang Anda lihat di kamar atau kantor Anda tidak sendirian. Diperlukan alat-alat lain untuk mendukung AC agar bisa berfungsi dengan tepat dan optimal seperti kondensator untuk menukar kalor, kompresor untuk memompa udara dingin agar keluar dari AC, serta beberapa alat-alat lain yang mendukung agar AC bisa bekerja optimal di ruangan Anda.

Tak hanya itu saja, AC juga memiliki berbagai jenis. Ada AC central, AC split, AC floor standing, AC cassete, sampai AC portable. Namun kali ini Anda akan diajak mengenali lebih dalam mengenai dua jenis AC yakni split dan central.


AC Split dan AC Central, Apa Bedanya?

Bagi anda yang hendak membeli AC, pastikan anda tahu kapasitas dan kebutuhan anda dalam menggunakan pendingin ruangan. Kapasitas yang dimaksud adalah kekuatan watt listrik pada rumah atau bangunan anda apakah cukup atau melebihi kapasitas atau tidak. Kemudian kebutuhan maksudnya apakah pendingin ruangan yang anda pilih bisa membuat ruangan lebih dingin dengan tepat atau malah terlalu dingin dan terlalu panas. Pastikan anda tahu itu dahulu.

Nah, agar anda tidak semakin bingung, mari kenali perbedaan dan penjelasan untuk AC Split dan AC central ini yuk..


1. AC Split

AC split adalah pendingin ruangan yang paling umum digunakan pada rumah-rumah maupun kantor. AC split ini memiliki dua komponen utama yakni pendingin yang berada di dalam ruangan (indoor unit) dan unit kipas pembuang panas yang diletakkan di luar ruangan (outdoor unit). AC split ini biasanya dipasang menempel di dinding dan terdapat outlet pipa untuk mengeluarkan air maupun udara panas. Pendingin ruangan yang satu ini juga ukurannya pas, tidak terlalu besar, dan tersedia dalam beberapa kasistas PK yang bisa dipilih sesuai kebutuhan anda.


2. AC Central

Berbeda dengan AC split yang digunakan untuk rumah tangga atau bangunan kecil, AC central lebih banyak digunakan pada kantor-kantor atau gedung yang ukurannya sedang sampai besar. AC sentral, pada AC jenis ini udara dari ruangan/bangunan didinginkan pada cooling plant diluar ruangan/bangunan tersebut kemudian udara yang telah dingin dialirkan kembali kedalam ruangan/bangunan tersebut. AC jenis ini biasanya digunakan di hotel, mall dan rumah mewah. AC tipe ini memberikan tampilan yang lebih minimalis, karena outlet udara dingin dapat di simpan di dalam plafon dan dinding.


Apakah anda sudah memahami tentang AC split dan AC central sejauh ini? Supaya mengenal lebih banyak seputar AC, anda juga perlu mengetahui kekurangan dan kelebihan dari masing-masing jenis pendingin ruangan tersebut.


Kelebihan AC Split dan AC Central

Setiap pendingin ruangan yang ada menawarkan kelebihannya masing-masing. Apakah kelebihan dari AC split dan AC central sesuai dengan yang anda cari? Simak di bawah ini..


Kelebihan AC Split:

1. Harga lebih terjangkau dibandingkan jenis AC lainnya. Hal ini karena memang target pengguna dari AC split ini untuk rumah yang cenderung kecil dan kantor yang tidak terlalu besar. Jadinya tak salah jika AC split harganya jauh lebih hemat.

2. Perawatan lebih mudah dan bisa manual. Salah satu kelebihan yang paling baik dari AC split ini adalah kemudahannya dalam hal perawatan. AC split bisa dibersihkan secara mandiri tanpa harus memanggil tukang cuci AC jika masalahnya masih ringan. Tentu lebih mudah dan lagi-lagi hemat biaya perawatan, bukan?

3. Lebih cepat mendinginkan ruangan karena memang didesain untuk ruangan kecil sehingga anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk merasakan segarnya udara.

4. Mudah dibeli di berbagai tempat. AC split lebih umum dibandingkan AC lainnya sehingga ini bisa jadi kelebihan yang baik bagi anda.


Kelebihan AC Central:

1. Lebih efisien karena dapat diatur dari satu unit sistem AC central saja meskipun ada banyak AC di suatu gedung. Efisiensi ini membuat banyak mall, hotel, dan perkantoran menggunakan AC central sebagai pilihan yang tepat.

2. Tidak bising sama sekali. AC central memiliki kelebihan suara yang lebih halus dan terolah dengan baik sehingga tidak menyebabkan kebisingan ketika dinyalakan.

3. Udara yang dikeluarkan jauh lebih sejuk. Karena ukurannya yang besar dengan sistem central yang terpusat, tak salah jika AC central mengeluarkan udara yang lebih dingin dibandingkan AC jenis lainnya.


Kekurangan AC Split dan AC Central

Setelah mengetahui beberapa kelebihannya, mari ketahui beberapa kekurangan dari masing-masing pendingin ruangan ini..


Kekurangan AC Split:

1. AC split cenderung lebih boros karena lebih mudah untuk dinyalakan dan dimatikan kapan saja. Hal tersebut mempengaruhi biaya listrik yang harus dibayarkan.

2. Dalam segi penampilan, AC split kurang estetik karena harus diposisikan di dinding ruangan.


Kekurangan AC Central:

1. Harganya mahal. AC central ukurannya besar dengan sistem yang sudah rapi maka tak salah jika pendingin ruangan jenis ini harganya cukup tinggi.

2. Biaya perawatan dan operasional yang tinggi. Biaya operasional untuk AC Central juga lumayan mahal karena harus merawat satu mesin utama yang menjadi pengontrol dari pendingin udara lainnya.

3. Jika ada satu bagian yang bermasalah, maka seluruh AC yang ada di dalam gedung atau bangunan ikut terganggu

4. Pengaturan suhu terpusat sehingga kurang fleksibel. AC central tidak bisa dimatikan salah satu sehingga cukup menyita waktu dan mengurangi efektivitas.

Menentukan jenis AC sesuai kebutuhan menjadi sangat penting agar anda bisa merasakan manfaat dari pendingin ruangan secara maksimal. Semoga bermanfaat.


1,053 views0 comments