• Wismoyo Efendy

5 Kesalahan Konsumen dalam Memilih Kontraktor Rumah Terpercaya

Updated: Jul 11, 2020

Kontraktor rumah memiliki peran yang sangat penting dalam proses konstruksi hunian Anda. Baik untuk Anda yang membangun rumah baru, atau sekadar melakukan perbaikan dan renovasi. Kontraktor biasanya terdiri dari tim yang dapat membantu Anda mulai dari membuat rencana desain, merancang hingga mewujudkannya menjadi hunian idaman.


Meski menggunakan jasa kontraktor rumah itu penting, namun bukan berarti Anda bisa sembarangan memilih. Salah memilih kontraktor tidak hanya akan membahayakan konstruksi bangunan, tapi juga akan merugikan Anda. Agar tidak kecewa, sebaiknya hindari 5 kesalahan ini saat memilih jasa kontraktor untuk rumah Anda!



1. Tidak Melihat Hasil Pekerjaan Sebelumnya


Pengalaman akan berbanding lurus dengan keahlian. Itulah sebabnya kenapa Anda harus memeriksa portfolio sebuah jasa kontraktor sebelum menggunakan jasa mereka. Dengan melihat hasil kerja mereka, Anda bisa memperoleh gambaran seperti apa kira-kira cara mereka menyelesaikan proyek hunian Anda. Portfolio ini bisa dilihat melalui dokumen, tapi akan lebih baik kalau Anda bisa melihat langsung hasil pekerjaan kontraktor tersebut. Jangan lupa juga membaca review dari konsumen sebelumnya, ya!


2. Hati-hati dengan material


Kontraktor rumah yang baik adalah mereka yang terbuka pada konsumennya, termasuk dengan penggunaan material. Banyak sekali kontraktor nakal yang menawarkan harga murah dengan menggunakan material yang kualitasnya buruk. Ingat, yang harganya murah belum tentu bagus. Pastikan material yang digunakan oleh kontraktor Anda memiliki kualitas mumpuni yang sesuai dengan ekspektasi Anda.


3. Tidak banyak bertanya

Ada pepatah yang mengatakan, ‘Malu bertanya sesat di jalan’. Hal yang sama juga berlaku ketika Anda menggunakan jasa kontraktor saat membangun rumah. Rumah adalah bangunan yang akan Anda tinggali bersama keluarga seumur hidup. Jadi pastikan segala hal yang ada di dalamnya merupakan yang terbaik yang bisa Anda persembahkan pada orang-orang tersayang. Jika ada hal-hal yang tidak Anda mengerti, jangan ragu bertanya dan meminta saran pada tim kontraktor.


4. Tidak memastikan lingkup pekerjaan secara tertulis

Ketika Anda akan menggunakan jasa kontraktor rumah, Anda akan ditanya tentang konsep seperti apa yang diinginkan dari pembangunan atau renovasi rumah tersebut. Jika ada hal-hal khusus yang Anda inginkan, sebaiknya tulis semua secara detail agar tidak ada bagian yang terlupakan. Catatan ini juga termasuk daftar rencana anggaran biaya yang akan digunakan.


Selain itu, proses pembangunan atau renovasi rumah memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi, jadi pastikan Anda dan kontraktor memiliki catatan yang sama agar prosesnya dapat berjalan sesuai rencana.


Ketika Anda menggunakan jasa kontraktor, rajin-rajinlah berkomunikasi dengan mereka. Bukan hanya terkait apa yang Anda inginkan dari mereka, tapi juga untuk melacak progress-nya. Komunikasi yang baik antara Anda dengan kontraktor akan meminimalisir kesalahan yang merugikan Anda.

5. Tidak mendiskusikan budget ekstra

Selama proses konstruksi, mungkin saja ada hal-hal yang terjadi di luar rencana. Misalnya saja tambahan pekerjaan atau tambahan material. Ini perlu Anda tanyakan kepada kontraktor rumah sebelum proses pembangunan atau renovasi berjalan. Lakukan perhitungan harga di depan untuk menghindari pembengkakan budget di akhir proyek nanti.



Membangun atau merenovasi rumah memang tidak semudah yang dibayangkan. Karena itu menyerahkannya pada kontraktor rumah berpengalaman merupakan pilihan terbaik agar prosesnya berjalan lancar. Wisesa Persada Indo dengan tim profesional berpengalaman siap membantu Anda mewujudkan hunian impian dengan kualitas serta layanan terbaik. Jangan ragu untuk menyerahkan urusan pembangunan dan renovasi rumah Anda pada Wisesa!




28 views0 comments

Recent Posts

See All