• Admin

Alternatif Penggunaan Material Kayu Pada Facade Bangunan


Source: Unsplash


Sekarang ini, gaya hidup dan estetika modern berkembang pesat. Tak terkecuali, dalam hal fasad bangunan. Salah satu jenis fasad bangunan yang menciptakan kesan elegan dan mengagumkan adalah fasad kayu pada bangunan.


Material kayu memiliki pesona yang unik dan menampilkan keindahan alami. Di sisi lain, fasad kayu juga ramah lingkungan dan menghadirkan efisiensi waktu dalam pemasangan atau instalasinya.


Karena itu, tak heran jika fasad bangunan dari material kayu menempati posisi tersendiri di hati para pecinta arsitektur modern. Tak masalah apakah hunian terbuat dari kayu sepenuhnya, atau separuh batu bata, fasad kayu akan sangat ideal untuk rumah tinggal dan gedung, serta bangunan tempat tinggal komersial.


Nah, bagi Anda yang sedang mencari ide pemakaian material kayu pada fasad bangunan (facade), mari simak yuk beberapa inspirasi di bawah ini!


1. CONCRETE WOOD


Fasad kayu dapat dipilih sebagai elemen desain dan estetika bangunan yang menonjol. Bahan kayu saat ini sudah bisa dijumpai dalam berbagai macam bentuk, warna, motif, dan model. Kalau dikombinasikan dengan batu alam, kaca, atau metal, tentu karakteristik bangunan akan lebih terlihat.


Concrete wood merupakan salah satu alternatif pengganti kayu yang inovatif untuk fasad bangunan Anda. Memadukan keindahan dan kepraktisan dalam pemasangan, sehingga Anda tak perlu repot atau memakan waktu lama mempercantik fasad bangunan.


Sesuai namanya, concrete wood dibuat dari bahan semen dan serat daur ulang berkualitas tinggi. Selanjutnya, diproses menggunakan teknologi mutakhir yang dirancang agar kokoh dan kuat seperti kayu pada umumnya. Karena itu, dilihat sepintas concrete wood akan sangat mirip seperti kayu alami.


Keunggulan concrete wood, antara lain:

  • Ramah lingkungan dan terbuat dari bahan serat selulosa yang mudah didaur ulang.

  • Kokoh dan berdaya tahan tinggi.

  • Anti air

  • Desain seindah seperti kayu asli.

Anda dapat menghias fasad bangunan memakai concrete wood untuk berbagai keperluan. Seperti plafon/ lipslang, dinding, lantai, serta dekorasi eksterior maupun interior lainnya.


2. MODIFIED CLAY MATERIAL


Alternatif penggunaan material kayu untuk fasad bangunan selanjutnya adalah Modified Clay Material. Sebenarnya, alternatif pengganti kayu untuk fasad bangunan ini dibuat dari bahan tanah liat atau clay. Akan tetapi, tanah liat atau clay yang dipakai telah dimodifikasi dengan campuran serbuk batu khusus. Karena itulah, muncul istilah Modified Clay Material.


Lebih lanjut, tanah liat campuran tersebut akan dicetak dan diproses secara khusus sampai finishing untuk memperindah façade eksterior maupun indoor hunian.


Biasanya, jika sudah menjadi produk jadi atau finishing, Modified Clay Material bisa didesain dalam berbagai bentuk pilihan warna, tekstur, atau pola yang diinginkan.

Keunggulan Modified Clay Material, antara lain:

  • Mudah dalam pemasangan.

  • Desain menyerupai kayu alami.

  • Ringan dan lentur.

  • Tidak perlu dicat.

  • Banyak pilihan warna dan tekstur.

  • Tahan api dan tahan air.

Pengen memadukan façade bangunan unsur kayu dengan kaca, kalsiboard, atau lainnya? Jangan khawatir! Modified Clay Material sangat mudah dipasang pada permukaan, baik yang kasar atau licin. Termasuk gypsum, dinding acian, ACP, kaca, PVC, triplek, kalsiboard, GRC board, dinding plaster kasar, maupun dinding acian. Anda cukup menyediakan lem sealant ataupun semen mortar AM 40 untuk pemasangannya.


3. WOOD PLASTIC COMPOSITE (WPC)


Ingin menambahkan material kayu pada façade bangunan? Wood Plastic Composite bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya. Sekadar info, WPC/ Wood Plastic Composite adalah bahan pengganti kayu untuk fasad eksterior maupun interior bangunan yang dibuat dari perpaduan 50% serbuk kayu dan 50% serat plastik.


Karena itu, Wood Plastic Composite menghadirkan estetika dan kekuatan seperti kayu, akan tetapi daya tahan dan keunggulannya seperti plastik atau polimer. Hampir sama seperti, jenis alternatif pengganti kayu lainnya, Wood Plastic Composite cocok dipakai untuk fasad bangunan. Contohnya seperti lantai, plafon, dinding, decking, dan masih banyak lagi.


Dengan Wood Plastic Composite, Anda tidak hanya mempercantik tampilan bangunan. Namun, ikut serta dalam pelestarian alam karena Wood Plastic Composite dapat diproses dari daur ulang limbah atau sampah plastik.


Keunggulan Wood Plastic Composite , antara lain:

  • Dapat diaplikasikan untuk fasad eksterior maupun interior.

  • Sistem pemasangan mudah dan cepat.

  • Anti noda dan perawatannya mudah.

  • Tahan perubahan cuaca ekstrim.

  • Tersedia berbagai pilihan motif menawan di pasaran.

Wood Plastic Composite memakai kayu komposit berteknologi terkini dan mengolah bahan sedemikian rupa sesuai standar. Alternatif material kayu ini telah melewati proses uji SNI dan kualitas produk dari pabrik. Sehingga, Anda sebagai konsumen tak perlu ragu untuk menggunakannya dalam fasad bangunan.


4. HUSK PLASTIC COMPOSITE (HPC)

Pilihan keempat untuk alternatif pemakaian material kayu pada façade bangunan adalah Husk Plastic Composite (HPC). Dapat dikatakan, penggunaan Husk Plastic Composite sebagai alternatif pengganti kayu dalam fasad bangunan merupakan salah satu inovasi daur ulang plastik mengadopsi konsep kelestarian planet bumi.


Kenapa begitu? Sebab, pencemaran sampah plastik yang ada saat ini kian mengkhawatirkan. Kabar baiknya, sampah atau limbah plastik dapat didaur ulang menjadi Husk Plastic Composite untuk material fasad bangunan yang indah dan kuat.

Husk Plastic Composite / HPC adalah bahan kayu komposit yang terbuat dari bahan plastik limbah yang diolah secara khusus. Sehingga, menjadi finishing bahan baru yang siap dipakai sebagai fasad bangunan.


Bahan campuran Husk Plastic Composite, umumnya terdiri dari sekam, plastik, komposit, serta plastik daur ulang. Menjadikan HPC sebagai salah satu alternatif material kayu yang menakjubkan, sekaligus Anda juga telah berpartisipasi dalam pelestarian planet bumi, kan!

Keunggulan Husk Plastic Composite, antara lain:

  • Tahan terhadap cuaca ekstrim.

  • Anti rayap & anti lapuk.

  • Tahan air & tahan api.

  • Mudah untuk dibersihkan.

  • Tahan tekanan.

  • Mudah diterapkan.


Mempercantik façade bangunan dengan desainer dan jasa kontraktor rumah terpercaya.


Yuk, coba aplikasikan beberapa penggunaan material kayu yang ramah lingkungan di atas, untuk fasad hunian Anda! Tak perlu repot atau pusing, serahkan pada ahlinya desainer dan jasa kontraktor berpengalaman dari tim Wisesa.

WISESA adalah kontraktor rumah pribadi, termasuk desain renovasi rumah atau jasa pembangunan rumah baru. Anda juga bisa berkonsultasi secara GRATIS melalui Whatsapp: +62818-0887-6888 atau email : admin@wisesapersadaindo.com. Tunggu apalagi, segera konsultasikan rumah impian Anda bersama tim Wisesa hari ini!


26 views0 comments