• Admin

Kolam Renang Overflow vs Skimmer, Pilih yang Mana?

Memilih untuk membangun kolam renang perlu mempertimbangkan beberapa hal, misalnya luas lahan, biaya, dan sistem filtrasi Ketiga hal tersebut menjadi sangat penting karena akan berpengaruh pada tipe kolam renang apa yang akan Anda pilih. Terdapat dua jenis kolam renang yang umum digunakan, yakni kolam renang tipe overflow dan tipe skimmer. Penjelasannya sebagai berikut.


Source: Unsplash


Perbedaan Tipe Overflow dan Tipe Skimmer


Pada dasarnya, kolam renang dengan tipe overflow dan skimmer memiliki perbedaan yang berkaitan dengan sistem filtrasi dan cara kerja. Kolam renang overflow dan skimmer memiliki desain dan rute air yang berbeda, yang berasal dari kolam ke penyaringan.



Tipe Overflow

Source: Unsplash


Kolam renang tipe overflow dikenal juga sebagai kolam tingkat dek. Seluruh kolam dikelilingi oleh saluran pelimpah. Tinggi saluran air sejajar dengan tepi kolam dan jika air keluar dari kolam, maka dapat meluap ke saluran ini. Saluran ini kemudian mengarah ke balancing tank atau tangki keseimbangan. Balancing tank adalah tangki penampung tambahan yang berada di bawah tanah, di bawah permukaan kolam. Air dari saluran mengalir ke balancing tank. Air ini kemudian dimasukkan ke dalam sistem penyaringan, sebelum dipompa kembali ke kolam renang.


Mungkin Anda sering melihat sisi kolam yang biasanya ditutupi dengan kisi-kisi plastik, itu merupakan salah satu ciri tipe overflow. Air yang keluar akan diolah kembali menggunakan sistem filtrasi yang bekerja untuk mengembalikan air ke kolam menggunakan mesin pompa agar air kembali jernih.


Secara sederhana, kolam renang tipe overflow bekerja menggunakan tekanan yang berasal dari mesin pompa untuk mengalirkan kolam ke saluran yang tehubung, lalu air disaring. Selain itu, tipe overflow menggunakan balancing tank yang bertujuan menambah dan menampung air dari kolam yang jumlahnya banyak. Tipe overflow biasa digunakan pada kolam renang di tempat umum dan yang ada di hotel serta di rumah mewah.


Kolam yang menggunakan sistem overflow membutuhkan lebih banyak ruang. Hal ini perlu Anda perhatikan dalam tahap perencanaan dan penggambaran di saat akan membangun. Anda perlu tahu bahwa setelah konstruksi dimulai, sangat sulit untuk mengubah desain kolam jika sudah memilih tipe ini.


Tipe Skimmer


Tipe ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki lahan yang terbatas. Diberi nama tipe skimmer karena menggunakan perangkat yang disebut skimmer box yang diletakkan di tepi kolam, biasanya ada di permukaan. Berbeda dengan tipe overflow yang menggunakan balancing tank, skimmer bekerja dengan menarik air permukaan, bersama dengan kotoran dan puing-puing, kemudian air melalui sistem penyaringan, sebelum dipompa kembali ke kolam renang. Hasil dari penyaringan akan kembali dialirkan ke kolam melalui lubang keluar.


Sumber: ecooutdoorusa.com


Permukaan skimmer box biasanya terbuat dari plastik (atau PVC) atau beton dan memiliki tangki yang menonjol di sisi atasnya. Jumlah skimmer disesuaikan dengan volume air yang ada pada kolam renang. Biasanya untuk kolam domestik memiliki antara 2-4 skimmer, namun bisa juga digunakan hingga maksimal 10 skimmer. Jenis filtrasi tipe skimmer adalah horizontal.

Tipe kolam renang skimmer memiliki ciri bahwa level air pada bagian bibir kolam renang umumnya berada pada ketinggian 5 cm hingga 10 cm. Desain kolam skimmer sederhana, dibandingkan kolam tipe overflow. Tak memakan ruang banyak, tipe skimmer cocok bagi Anda yang hanya memiliki lahan sisa di bagian belakang rumah.


Kelebihan Tipe Overflow

  • Tingkat luapan atau dek pada tipe overflow lebih unggul karena air diambil dari seluruh perimeter kolam, tidak hanya di bagian tertentu

  • Air lebih jernih. Tidak ada garis sampah di dalam kolam

  • Banyak orang lebih menyukai estetika kolam overflow dibandingkan dengan kolam skimmer karena terlihat lebih bersih serta lebih elegan

  • Volume air tidak akan berlebihan karena dapat ditampung melalui balancing tank

  • Merawat lebih mudah


Kekurangan Tipe Overflow

  • Membutuhkan lahan yang luas

  • Biaya mahal

  • Konstruksi bangunan terutama instalasi pipa rumit dibuat

  • Perlu waktu lama saat membersihkan balancing tank

Kelebihan Tipe Skimmer

  • Tidak membutuhkan lahan yang luas

  • Tidak menghasilkan suara berisik yang berasal dari tumpahan air kolam

  • Perawatan lebih sederhana

  • Biaya pembuatan lebih murah

  • Bisa dibangun di dalam ruangan

Kekurangan Tipe Skimmer

  • Filtrasi kurang maksimal sehingga kolam tidak terlalu bersih

  • Cocok bagi kolam dengan ukuran kecil

  • Memperhatikan skimmer karena bisa cepat rusak jika kolam tidak terisi penuh

Cara Merawat Kolam Renang


Tipe overflow dan skimmer memiliki perbedaan dalam perawatannya. Kolam renang tipe overflow memiliki bagian paling penting yakni balancing tank. Balancing tank perlu dijaga kebersihannya. Pada kolam renannya sendiri, dapat dibersihkan dengan menyikat bagian dinding dan lantai sampai bersih. Semprotkan gutter pada proses awal agar kotoran bisa masuk ke bagian balancing tank.


Pada tipe skimmer, hal yang perlu dilakukan pertama adalam menyedot atau melakukan vacuum pada kotoran yang ada di bagian dasar kolam renang. Kemudian Anda juga perlu mematikan mesin sirkulasi pada kolam, tunggu beberapa saat agar kotoran dapat keluar. Setelah itu Anda dapat menyalakan kembali mesin. Jaga kadar pH air kolam renang pada kadar yang sesuai, yakni pada angka 7.2 hingga 7.6 ppm.


Pertimbangan Memilih Tipe Kolam Renang


Setelah mengetahui perbedaan tipe overflow dan skimmer beserta kelebihan dan kekurangannya, Anda juga perlu mempertimbangkan hal lainnya. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa lahan dan biaya adalah faktor penting dalam membangun kolam renang. Sebelum Anda memutuskan kolam mana yang akan dipilih, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:


  • Bisakah kolam renang ini menjadi investasi?

Rumah yang memiliki kolam renang dapat meningkatkan nilai dari rumah tersebut. Jika Anda ingin menjual rumah yang memiliki kolam renang, maka nantinya harga jual rumah akan meningkat. Selain itu kolam renang bisa menjadi investasi waktu buat Anda. Tak perlu lagi pergi ke kolam renang umum untuk berenang, Anda sudah memiliki kolam sendiri.

  • Apakah ruang mekanik yang saya miliki cukup besar untuk menempatkan tangki?

Tangki diperlukan untuk proses sirkulasi. Ruang untuk menempatkan tangki harus sesuai dengan kebutuhan.

  • Apakah saya ingin kolam renang menjadi pusat dari rumah saya?

Kolam renang yang dibangun di dalam rumah dapat menjadi sarana bagi Anda dan keluarga membangun hubungan yang lebih dekat dan hangat.


Apapun pilhan tipe kolam renang yang akan Anda bangun nantinya, pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan dan keuangan. Perawatan kolam renang tidaklah murah, apalagi jika yang Anda pilih adalah tipe overflow. Namun jika Anda memiliki biaya yang lebih rendah dengan lahan yang juga sedikit, tipe skimmer bisa menjadi pilihan.

12 views0 comments