• Wisesa Persada Indonesia

Kenali 6 Feng Shui Dasar untuk Rumah Agar Nyaman dan Teratur


Meski sekarang teknologi seolah mengambil alih segalanya, namun kepercayaan akan nilai-nilai luhur sampai saat ini belum bisa digantikan. Kepercayaan akan dipegang erat secara turun-temurun bila sudah terlanjur masuk ke masyarakat dan diterapkan sehari-hari. Tak terlepas ketika hendak membeli, meronovasi, atau pindah rumah, kepercayaan Tionghoa akan Feng shui masih banyak diterapkan.

Feng shui sendiri sudah ada sejak lama di Indonesia terutama sejak keturunan Tionghoa di Indonesia berkembang. Kepercayaan asal China ini dipegang turun-temurun terutama dalam penerapan layout rumah. Feng shui sendiri juga dipercaya mampu membawa berkah dan bencana bila tidak tepat dalam penerapannya. Maka dari itu, bagi anda yang masih memegang kepercayaan seperti ini, perlu sekali untuk memahami mana feng shui yang benar dan mana yang kurang tepat.

Dalam mendirikan rumah beserta peletakkan ruangannya, feng shui pun memiliki penilaiannya masing-masing. Agar anda tidak salah dalam membuat rumah atau membeli rumah, yuk simak informasi tentang 6 dasar feng shui untuk rumah agar aman dan selalu nyaman.


Sekilas Tentang Feng Shui


Wallpaperup.com


Menurut Jennie Kumala Dewi, seorang arsitek dan konsultan feng shui dalam bukunya yang berjudul Feng Shui for Business menjelaskan bahwa ilmu tersebut merupakan warisan masyarakat Tionghoa yang mengatur keseimbangan kehidupan manusia dengan aktivitas dan lingkungan disekitarnya. Feng shui sendiri tentu membantu manusia untuk bisa hidup selaras dengan lingkungan sekitar ataupun orang-orang disekitarnya.

Pada awalnya, feng shui ini diterapkan untuk menata tempat tinggal, namun kini sudah berkembang hingga mengatur berbagai hal dalam kehidupan manusia seperti tempat kerja sampai rekan kerja, sampai pasangan hidup. Tujuannya pun sama yakni agar kehidupan manusia bisa seimbang denga sekitarnya berupa bangunan sampai teman dan keluarga.

Feng shui dalam Bahasa Mandarin berarti angina (feng) dan air (shui). Kedua hal tersebut dianggap sebagai kebutuhan hidup yang sangat penting bagi manusia dan menerapkan konsep keseimbangan seperti yin yang yang artinya tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan. Dengan adanya feng shui yang masih subur dipercayai dan diterapkan menjadikan kehidupan manusia dan lingkungannya menjadi lebih teratur. Apakah anda juga menggunakan feng shui sebacai acuan membangun rumah impian anda?


Feng Shui Penempatan Ruangan di Rumah yang Tepat


Unsplash.com


Di Indonesia sendiri penerapan feng shui ini masih banyak digunakan dalam membuat atau menata rumah agar menjadi hunian yang nyaman serta baik bagi pemiliknya. Bahkan kini developer properti pun juga banyak yang menjadikan feng shui sebagai pedoman dalam membuat rumah yang akan dijual. Rumah yang baik menurut feng shui adalah yang seimbang dan dapat mengalirkan udara, sinar matahari, air, dan keselarasan unsur logam, kayu, taha, air, dan api. Tentu berbagai hal tersebut perlu diterapkan dalam bagian sebuah rumah.


1. Kamar Tidur


Peletakkan kamar tidur pada sebuah rumah pun ada aturannya dalam feng shui. Tujuannya tentu supaya rumah tetap nyaman dan kamar tidur bisa seimbang. Peletakkan kamar tidur pada rumah sebaiknya menghindari beberapa hal ini:

· Kamar tidur utama di atas garasi. Hal ini perlu dihindari karena logikanya garasi itu berisik dan berasap jika ada kendaraan bermotor. Tentu hal tersebut mempengaruhi kamar di atasnya yang menjadi tidak nyaman dan bising.

· Kamar tidur yang dekat dengan dapur. Dapur identic dengan panas dan suasana yang sibuk. Tentu jika ada kamar di dekatnya akan berdampak pada ketenangan dan hawa dari kamar tidur yang ada di dekatnya.


2. Dapur


Menurut feng shui, dapur adalah pusat aktivitas di dalam rumah dan juga symbol kemakmuran serta kesejahteraan. Namun dapur bisa menjadi tempat yang seret berkah dan kemakmuran jika salah meletakkan dapur pada rumah. Berikut beberapa hal yang perlu dihindari dalam peletakkan dapur pada rumah:

· Dapur berhadapan dengan toilet. Mengapa? Karena kurang panstas dan tidak menghargai tamu atau orang yang sedang makan di daerah dapur.

· Dapur berada di tengah rumah. Hal ini juga tidak baik bagi rumah karena jika ada asap dan bau, tentu bisa menyebar seisi rumah dengan cepat.


3. Tangga


Dalam feng shui, tangga pun juga diperhatikan agar keselarasan dan berkah bisa ada dalam rumah tersebut. Berikut beberapa hal yang perlu dihindari ketika membuat tangga pada hunian anda:

· Berada di ruang tamu. Sebisa mungkin buat tangga yang agak masuk seperti dekat dapur atau ruang tengah. Dapur dekat ruang tamu dan langsung menghadap pintu luar juga bisa menggangu keseimbangan dan privasi serta rezeki dari penghuni rumah.

· Anak tangga yang tajam. Tentu berbahaya jika bentuk anak tangganya tajam. Begitu juga dalam feng shui yang selalu memperhatikan keselamatan dan keamanan pemilik rumah.


4. Kamar Mandi


Kamar mandi juga perlu diperhatikan dalam menerapkan feng shui di rumah. Salah meletakkan kamar mandi bukan hanya menyusahkan, namun juga berdampak konstruksi atap maupun bagian rumah didekatnya. Berikut hal yang perlu anda hindari dalam peletakkan kamar mandi pada rumah:

· Berada di atas kamar tidur. Jika kamar mandi di lantai dua, hindari meletakkannya di atas bagian kamar tidur. Air dari kamar mandi bisa merembes ke bawah sehingga menyebabkan kamar tidur jadi tidak nyaman dan berbau.

· Berada di area tengah rumah. Hal ini juga perlu dihindari karena menurut feng shui, kamar mandi berada di tengah tidak bisa mengalirkan ventilasi dengan maksimal. Hal tersebut membuat keseimbangan rumah jadi terganggu dan tidak nyaman tentunya.


5. Pintu


Peletakkan pintu pada rumah yang hendak anda bangun atau beli perlu diperhatikan. Feng shui sendiri juga memiliki alasan dan hal-hal apa saja yang perlu dihindari agar rumah dan penghuninya nyaman dan tentram. Berikut hal-hal yang perlu dihindari berkaitan dengan pintu pada rumah:

· Pintu depan sejajar dengan pintu belakang. Posisi pintu seperti ini dipercaya dalam feng shui membuat energy positif pada rumah yang masuk langsung keluar. Coba buat pintu rumah yang tidak saling sejajar agar lebih baik.

· Pintu depan menghadap tangga. Hal ini juga perlu dihindari sama seperti sebelumnya. Melalui pintu depan yang biasa disebut ‘mulut chi’, rumah menyerap energy positif untuk masuk ke rumah. Jika tangga di depan pintu, energy tersebut akan langsung ke atas dan tidak merata di seluruh bagian rumah.


6. Lorong


Jika rumah anda akan terdapat lorong, pastikan lorong tersebut pas dan sesuai dengan feng shui. Lorong yang tidak tepat dapat membuat rumah jadi tidak nyaman. Ini hal-hal yang perlu dihindari dalam membuat lorong pada rumah:

· Lorong yang memanjang dan sempit. Hal sering dikaitkan sebagai pembawa energi negatif karena memiliki kombinasi gerak Sha Chi atau bisa dibilang energi yang stagnan. Jika di dalam rumah sudah terlanjur memiliki lorong yang demikian, maka dapat disiasati dengan memberikan pencahayaan yang lebih terang


Nah, itulah informasi tentang feng shui dasar untuk rumah yang mungkin bisa anda terapkan untuk membuat hunian anda menjadi lebih teratur dan selaras. Semoga bermanfaat.

20 views0 comments